Tentang SIGAP (Siapkan Generasi Anak Berprestasi)

Usia Golden Age dalam rentang usia 0 sampai 5 tahun

Usia Emas atau ‘golden age’ menjadi tahapan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa usia emas, khususnya dalam rentang usia 0 sampai 5 tahun, merupakan periode terbaik bagi pembentukan dasar dan perkembangan fisik dan otak anak. Bila tahapan ini berjalan dengan baik, maka anak tidak hanya berpotensi besar untuk sukses di sekolah namun juga di kemudian hari saat ia memasuki dunia kerja dan bermasyakarat. Hal ini membuat banyak pihak, terutama orang tua dan pengasuh, perlu lebih memberi perhatian dalam pengasuhan, yang tidak hanya berfokus pada pertumbuhan anak saja tetapi juga perkembangan sesuai tahapan usianya.

Menyadari bahwa investasi pada tumbuh kembang hanya terjadi satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia dan bahwa investasi pada pengembangan dan pendidikan anak usia dini sangat berharga bagi masa depan individu dan bangsa, Tanoto Foundation melalui Program SIGAP (Siapkan Generasi Anak Berprestasi) ingin memastikan bahwa setiap anak Indonesia tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai tahapan usianya dan siap bersekolah. Untuk mencapai tujuan ini, Tanoto Foundation menitikberatkan strateginya pada 3 program pengembangan dan pendidikan anak usia dini yang holistik dan integratif, yaitu penurunan angka stunting, peningkatan kualitas pengasuhan anak usia dini, dan meningkatkan akses ke layanan pendidikan anak usia dini yang berkualitas.

Ketiga program utama SIGAP ini juga selaras dengan indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya mengenai prevalensi stunting anak balita (indikator SDG 2.2.1) pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai tahapan usianya (indikator SDG 4.2.1) dan akses ke pendidikan pra-sekolah dasar (indikator SDG 4.2.2).

Program Kami

SIGAP merupakan inisiatif Tanoto Foundation di bidang pengembangan dan pendidikan anak usia dini dalam rangka mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas. Program-program SIGAP dilaksanakan sebagai upaya untuk memastikan agar setiap anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usianya serta siap menempuh pendidikan dasar.

1. Pencegahan Stunting
SIGAP mendukung program pemerintah untuk mencapai target penurunan prevalensi stunting di Indonesia hingga di bawah 20% pada tahun 2024 melalui berbagai program peningkatan pemahaman dan pengetahuan tentang stunting, serta upaya perubahan perilaku masyarakat dalam hal pola makan, pola asuh, dan pola hidup bersih sehat.

2. Pengasuhan Anak Usia Dini (0-3 Tahun)
SIGAP menargetkan peningkatan kualitas pola pengasuhan anak usia dini melalui Rumah Anak SIGAP, suatu pusat layanan pengasuhan dan pembelajaran dini untuk anak usia 0-3 tahun.

3. Pendidikan Anak Usia Dini (3-6 Tahun)
SIGAP menargetkan peningkatan akses dan kualitas pelayanan pendidikan anak usia 3-6 tahun yang dilakukan diantaranya melalui pelatihan guru dan tenaga kependidikan PAUD, peningkatan kapasitas penilik dan pengawas, serta dukungan sarana dan prasarana belajar.