Desain Berbasis Masyarakat: Berinovasi Untuk Penurunan Stunting di Indonesia

Sebagai bagian dari program percepatan penurunan stunting dari departemen ECED, Tanoto Foundation bekerja sama dengan Alive and Thrive (A&T) untuk menjalankan sebuah studi berjudul “Eksplorasi Praktik Pemberian Makanan Bayi dan Anak dan Perkembangan Anak Usia Dini di Indonesia”. Studi ini berangkat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa seringkali perilaku keluarga tidak sejalan dengan pengetahuan yang mereka miliki. Untuk mencari tahu penyebab dari hal tersebut, studi ini berusaha menggunakan sebuah pendekatan baru, yaitu Desain Berbasis Masyarakat (DBM). 

Pendekatan DBM bertumpu pada gagasan bahwa masyarakat merupakan bagian terpenting yang harus terlibat secara langsung dalam merancang proses perubahan untuk dirinya sendiri. Pendekatan DBM dimulai dari kegiatan imersi, di mana para peneliti tinggal bersama dengan keluarga selama beberapa hari; dan diakhiri dengan tahap uji coba, di mana solusi yang sudah dirancang bersama masyarakat diimplementasi dan diuji keberhasilannya. Hasil dari studi menunjukkan alasan mendasar mengapa keluarga melakukan praktik-praktik tertentu dan bagaimana memperbaikinya.

Pelajari lebih lanjut dokumen studi pada link ini

5 komentar

  1. semoga bisa bermanfaat buat daerah dengan adanya buku desain berbasis masyarakat, kalau bisa di bagi juga bukunya buat daerah di tempat kami pak. trims

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.