Kelas Ibu Hamil Untuk Ibu & Ayah

 

Menjadi orangtua adalah tugas berdua bukan hanya tugas ibu saja. Memang secara fisik ibu yang mengandung selama 9 bulan. Akan tetapi peran ayah bukan berarti tidak ada. Selama 9 bulan itu ayah diharapkan menjadi pendamping yang selalu mendukung ibu lahir dan batin karena menjadi ibu hamil bukanlah perkara yang mudah. Setiap hari sang ibu akan mengalami beragam perubahan yang ditemukannya. Mulai dari berubahnya bentuk tubuh yang drastis, emosi atau pikiran yang naik turun karena gejolak hormon. Belum lagi rangkaian gejala kehamilan awal yang tidak selalu mudah dilalui. Perjuangan sebagai orangtua sudah dimulai dari sini.

Selain memberi dukungan di rumah, ayah pun diharapkan membersamai para calon ibu dalam pemeriksaan kehamilan rutin untuk mengetahui beragam informasi seputar kehamilan tersebut. Jadi ketika di rumah ada gejala-gejala rumit yang ditemui, para calon ayah sudah mengerti dalam mengambil solusi. Kebersamaan menemani Ibu juga dapat dilakukan saat Ibu menghadiri kelas hamil. Namanya memang Kelas Ibu Hamil tetapi sebenarnya pesertanya harus terdiri dari para ayah dan ibu.

Kelas Ibu Hamil akan memaparkan banyak sekali informasi terkait persiapan menjadi orangtua seperti misalnya cara merawat bayi baru lahir. Berbagai info seperti bagaimana metode memandikan bayi, cara memantau perkembangannya serta membaca grafik dan jadwal imunisasi wajib juga akan dijelaskan. Tidak hanya itu, ayah dan ibu akan diberikan informasi tanda-tanda persalinan sehingga para calon ayah akan siap siaga ketika persalinan tersebut terjadi.

Sekali lagi dikatakan bahwa menjadi orangtua adalah tugas berdua. secara teknis lagi-lagi fisik ibu akan dipersiapkan untuk menyusui bayi tetapi bukan berarti semua urusan anak menjadi tanggung jawab ibu. Mengurus, menjaga dan mempersiapkan pemenuhan kebutuhan lainnya tentu harus diketahui dan dilaksanakan oleh kedua belah pihak, ayah dan ibu.

Sebagai salah satu bentuk dukungan positif, calon ayah dapat senantiasa mengingatkan istri untuk hadir mengikuti kelas hamil yang tersedia. Pemeritah menyarankan paling tidak 4 kali partisipasi di kelas hamil selama kehamilan. Sebelum buah hati terlahir, seraplah informasi sebanyak-banyaknya agar dapat mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan seperti kurangnya asupan nutrisi untuk ibu hamil yang dapat mengakibatkan anemia, dan pendarahan saat kehamilan dan juga melahirkan bayi stunting.

Sumber:

6 Pesan Kunci Pencegahan Stunting-Pedoman Strakom Perubahan Perilaku dalam Percepatan pencegahan Stunting di Indonesia, Kemenkes 2018

Pereira, Hillary. Your Pregnancy (all the facts & friends you’ll need for the most important nine month of your life). 2009

Panduan Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Kemenkes 2009

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.