Yuk, Lakukan 3 Hal Ini Selama Kehamilan

 

Persiapan Menjadi orangtua dapat dimulai dengan mewujudkan kehamilan & persalinan yang sehat. Ayah Bunda , tidak perlu khawatir, kami akan membagi beberapa tips yang dapat dilakukan selama kehamilan.

Konsumsi Tablet tambah Darah (TTD)

Tablet Tambah Darah adalah suplemen yang wajib dikonsumsi minimal 90 tablet selama masa kehamilan. Umumnya setiap mengkonsumsi TTD, akan ada rasa mual dan ingin muntah. Untuk menghindarinya TTD sebaiknya diminum sebelum tidur namun pastikan perut tidak dalam keadaan kosong, ya.

TTD ini selain berisi zat besi, juga mengandung asam folat yang sangat bermanfaat untuk pembentukan otak, saraf dan organ-oragn penting pada janin. Selain itu TTD juga membuat ibu hamil merasa lebih bugar & produktif selama hamil.. Rutin konsumsi TTD ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pendaraah saat kehamilan atau persalinan.

Menghadiri Kelas Ibu Hamil

Para calon orang tua diharapkan hadir mengikuti kegiatan kelas kehamilan. Minimal 4 kali selama 9 bulan dan calon orangtua wajib mengikuti berbagai penyuluhan yang dilakukan penyelenggara kelas hamil. Tidak hanya seputar nutrisi dan aktifitas untuk menunjang kehamilan yang optimal tetapi di kelas hamil juga akan diajarkan beberapa hal terkait persiapan persalinan dan laktasi.

Proses pemberian Asi Ekslusif pun dibutuhkan persiapan yang mantap maka dari itu kehadiran di kelas hamil menjadi sebuah langkah yang harus diambil. Apabila ibu hamil ada keluhan atau kebingungan yang dialami, dapat pula dikonsultasikan ke kelas hamil.

Istirahat & Menjaga Kebersihan

Sebagai calon Ibu yang sedang menyiapkan kehamilan, terkadang kita fokus pada paparan informasi nutrisi untuk ibu dan janin. Tetapi jangan sampai lupa untuk mendapatkan istirahat yang cukup yaitu minimal tidur 8 jam sehari. Selain itu merasa senang dan bahagia selama kehamilan pun wajib dilakukan agar memiliki janin yang perkembangannya optimal. Jangan lupa untuk berbahagia dan minimalisir pikiran agar tidak stress.

Selain itu, kondisi pandemi ini juga mengharuskan Ibu hamil untuk tetap menjaga kebersihan diri seperti rajin mencuci tangan, meggunakan masker dan membatasi interaksi social. Mencuci tangan dan mencuci bahan-bahan makanan sebelum dimasak adalah wajib. Pastikan juga untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak apabila berada di ruang publik.

Sumber :

6 Pesan Kunci Pencegahan Stunting-Pedoman Strakom Perubahan Perilaku dalam Percepatan pencegahan Stunting di Indonesia, Kemenkes 2018

Pereira, Hillary. Your Pregnancy (all the facts & friends you’ll need for the most important nine month of your life). 2009

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). https://kesmas.kemkes.go.id/

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.