Kelas Ibu Hamil

 

Sebagai calon ibu tentu tidak mudah sama sekali untuk menghadapi beragam perubahan yang terjadi di dalam diri mereka. Perubahan fisik dan psikis serta hal-hal terkait persiapan persalinan tentu menjadi sebuah tanda tanya besar bagi para calon ibu. Menurut data SUSENAS (Survei Sosial Ekonomi Nasional) di tahun 2017 angka kematian ibu (AKI ) di Indonesia masih tertinggi di wilayah Asia Tenggara yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup dan Angka kematian Bayi (AKB) 24 per 1000 kelahiran hidup. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan keselamatan ibu dan anak adalah dengan mengadakan kelas Ibu Hamil di puskesmas dan posyandu.

Kelas Ibu hamil merupakan sebuah sarana untuk belajar bersama secara tatap muka dan umumnya diadakan berkelompok. Kelas ini nantinya akan memfasilitasi calon ibu dengan informasi terkait kesehatan kehamilan, persiapan persalinan, masa nifas, serta persiapaan menyusui. Tidak hanya itu, penjelasan mengenai nutrisi, imunisasi, pembuatan akta lahir dan juga hal-hal terkait ibu dan anak lainnya akan dibahas di sesi kelas hamil.

Kelas hamil umumnya dirancang ke dalam beberapa pertemuan yang membahas hal-hal krusial di fase kehamilan seperti nutrisi wajib yang harus dikonsumsi, jadwal pemeriksaan, serta membahas gejala-gejala yang harus diwaspadai sebagai ibu hamil. Selain itu akan ada sesi khusus laktasi, persalinan dan juga hal-hal terkait perawatan bayi. Dengan adanya sistem belajar seperti ini diharapkan materi yang disampaikan dapat jelas dimengerti dan lebih mudah dicerna daripada meminta ibu hamil membaca buku panduan kehamilan.

Kelas hamil ini selain menjadi wadah belajar tentu memberikan manfaat banyak kepada calon ibu seperti dapat berkonsultasi langsung kepada ahlinya terkait kondisi yang ingin disampaikan. Para calon ibu juga akan mendapatkan beragam informasi persiapan persalinan dan perawatan bayi baru lahir sedini mungkin. Tidak hanya itu, kelas hamil terkadang juga menyediakan sesi senam hamil bagi ibu hamil di atas 30 minggu. Satu lagi yang tidak kalah menarik, kelas hamil menawarkan ruang untuk bersosialisasi dan berbagi pengalaman sesame sesama calon ibu lainnya.

Lalu di manakah kelas hamil ini dilaksanakan? Menurut buku pedoman pelaksanaan kelas Ibu hamil, kelas ini dapat diadakan di puskesmas atau posyandu dengan tenaga kesehatan sebagai pembimbing atau fasilitatornya. Namun tetap terbuka peluang untuk mengadakan di ruang publik seperti aula atau balai pertemuan sesuai dengan kesepakatan peserta dan fasilitator penyelenggara.

Menjadi Ibu adalah sebuah perjalanan. Dalam berjalan ada fase-fase baru yang harus dilalui, maka dari itu pengetahuan dan persiapan yang tepat akan lebih memudahkan perjalanannya. Selamat menikmati.

Sumber :

6 Pesan Kunci Pencegahan Stunting-Pedoman Strakom Perubahan Perilaku dalam Percepatan pencegahan Stunting di Indonesia, Kemenkes 2018

Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Kemenkes. 2009

Pereira, Hillary. Your Pregnancy (all the facts & friends you’ll need for the most important nine month of your life). 2009

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.