10 Hal Wajib yang Ayah Harus Lakukan Selama Kehamilan

 

Selama mengandung, Bunda adalah orang yang paling banyak mengalami perubahan-perubahan baik fisik maupun psikis. Peranan Ayah tentu sangat diharapakan agar Bunda berhasil menjalani kehamilan bahagia lahir dan batin. Menurut Heidi Murkoff, di dalam bukunya, peranan ayah yang konsisten dalam mendukung dan menemani istri selama kehamilan dapat menurunkan perasaan gelisah pada ibu hamil. Wow, jangan sia-siakan waktu krusial ini untuk terus memberikan dukungan penuh kepada sang istri ya, peran Ayah penting sekali, loh!

Berikut adalah 10 hal yang dapat dilakukan Suami selama kehamilan :

  1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kehamilan dan hal-hal yang mungkin berubah dari sang Istri selama 9 bulan kedepan.

2. Menyediakan waktu yang cukup bersama istri di masa kehamilan. Ibu hamil wajib berbahagia agar tidak terjebak dalam stress yang berkepanjangan.

3. Menyediakan makana bergizi seimbang dan kaya akan asam folat untuk istri karena hal ini akan sangat mengoptimalkan perkembangan janin.

4. Mengingatkan istri untuk mengkonsumsi tablet tambah Darah (TTD) selama 9 bulan kehamilan.

5. Menemani istri periksa dan hadir di Kelas Ibu Hamil untuk sama-sama belajar dan mempersiapkan diri menjadi orang tua.

6. Membantu istri mengerjakan pekerjaan rumah tangga termasuk mengangkat yang berat-berat untuk menjaga keselamatan ibu dan janin

7. Mempersiapkan dana yang cukup untuk proses persalinan

8. Memilih tempat bersalin yang sesuai standar kesehatan untuk menghindari terjadinya pendarahan dan infeksi yang berisiko kematian pada ibu dan bayi

9. Bersiap-siap mencari donor darah jika diperlukan atau jika ibu membutuhkan pasca mengalami pendarahan hebat saat persalinan

10. Mengingatkan dan mengetahui tata cara IMD (inisiasi Menyusui Dini) demi kesuksesan proses selanjutnya yaitu meyusui.

Ingat ya Ayah, dukungan yang diharapkan sifatnya adalah nyata dan konsisten. Tentu tidaklah sulit karena Ayah dan Bunda sama-sama sedang menanti kebahagiaan yang akan hadir.

Sumber:

Tanoto Foundation- Parenting Module

Murkoff, Heidi & Sharon Mazel. What you Expect When You Are Expecting, 2008

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.