Melatih si Anak Menjadi Leader Sejak Dini

 
Jiwa kepemimpinan perlu ditanamkan kepada anak sejak dini.

Jiwa kepemimpinan perlu ditanamkan kepada anak sejak dini, karena dengan begitu akan tumbuh rasa percaya diri dan memungkinkan anak-anak untuk memiliki kendali atas hidup mereka, serta membantu mereka memecahkan masalah secara kreatif secara individu maupun dengan orang lain.

Peran penting jiwa kepemimpinan anak akan mengantar kepada titik memperlihatkan kemampuan diri, mengenal perasaan sendiri dan mengendalikan diri, serta mampu menyesuaikan diri dengan orang lain. kemampuan mengetahui hak- haknya, mentaati aturan,
mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan antar sesama.

Mengajarkan si kecil bagaimana menjadi pemimpin sejak dini akan membantu mereka menghadapi tekanan teman sebaya di masa remaja. Menjadi seorang pemimpin bukanlah ilmu pasti, tetapi mengajar anak-anak keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin adalah penting untuk membantu mempersiapkan generasi berikutnya untuk memimpin dan menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

Bagaimana melatih jiwa kepemimpinan pada si kecil?

Ayah dan bunda bisa mulai dengan memberikan contoh sikap kepemimpinan di rumah. Lalu menjelaskan apa yang dilakukan dan alasan melakukan hal tersebut, diikuti dengan memberikan peran kepadanya. Misalnya dengan memberikannya tugas pekerjaan rumah yang ringan, seperti membereskan tempat tidur.

Kemudian, ajari si kecil cara melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Ajari juga si kecil bagaimana mendengarkan dengan cermat dan bagaimana menanggapi orang lain dengan cara yang tenang dan hormat. Karena komunikasi yang baik adalah komponen kunci untuk menjadi pemimpin yang efektif.

Bantu si kecil membangun rasa percaya diri dengan memberikan kesempatan untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan berikan pujian bila perlu. Apabila si kecil menghadapi masalah, ajak diskusi untuk menemukan solusinya agar si kecil dapat belajar bagaimana memecahkan masalah mereka sendiri.

Selanjutnya, biarkan si kecil mulai membuat keputusan sendiri. Bisa dimulai dari hal yang mudah seperti aktivitas mana yang ingin mereka ikuti, dan kemudian beri mereka lebih banyak kesempatan untuk membuat keputusan saat mereka mempelajari konsep tanggung jawab dan konsekuensi dari pengambilan keputusan.

Ajari si kecil bagaimana bekerja dengan orang lain dalam situasi tim. Proyek kelompok atau kegiatan olahraga adalah cara bagi si kecil untuk belajar bekerja dalam tim. Hal ini bisa diterapkan dengan memberi kesempatan mereka untuk mengambil peran kepemimpinan dalam kelas, tentunya dengan bantuan bimbingan guru.

Membantu si kecil untuk mengembangkan rencana atau strategi guna mengatasi masalah atau situasi, juga menjadi salah satu cara melatih sikap kepemimpinannya. Tunjukkan kepada si kecil bagaimana membagi tugas menjadi cara yang bisa diterapkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Penting mengajarkan si kecil menerima kegagalan dengan cara yang sehat, dan kesabaran. Bantu mereka memahami agar dapat belajar dari kegagalan atau kesalahan, dan dengan sabar menghadapinya untuk mencoba lagi di kemudian hari. Pasalnya, kesabaran adalah keterampilan yang, jika diajarkan dengan benar, dapat bertahan seumur hidup.

Untuk itu, ayah dan bunda juga harus menumbuhkan sifat optimisme pada si kecil. Seorang pemimpin yang optimis memancarkan kepercayaan diri dan mengilhami optimisme pada orang-orang di sekitar mereka. Pimpin si kecil menuju pola pikir yang lebih optimis dengan membantu mereka mengidentifikasi pikiran mereka sebagai optimis atau pesimis, dan dengan jelas menguraikan pentingnya berpikir positif.

Mengajarkan si kecil jiwa kepemimpinan tidak serta merta memastikan mereka akan menjadi seorang pemimpin saat dewasa nanti. Namun, itu memastikan bahwa mereka akan menjadi pemimpin dalam hidup mereka sendiri, memupuk jiwa kemandirian, dan kasih sayang.

Sumber artikel:
https://extension.psu.edu/programs/betterkidcare/early-care/tip-pages/all/leadership-and-children
https://classful.com/tips-for-teaching-children-leadership-self-reliance/
https://www.forbes.com/sites/deeppatel/2017/07/26/10-ways-parents-can-teach-their-children-to-be-leaders/?sh=7153ad852a76

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.