Membina “Support System” Keluarga SIGAP

 

Keluarga merupakan tempat pertama bagi anak untuk berkembang. Hubungan antar anggota keluarga memainkan peran utama dalam membentuk kesejahteraan fisik maupun mental individu sepanjang hidupnya (Merz, Consedine, Schilze, & Schuengel, 2009).

Membangun keluarga perlu perencanaan, beberapa indikator perencanaan keluarga yang matang, antara lain:

  • Merencanakan usia pernikahan.
  • Membina hubungan antarpasangan dengan keluarga lain dan kelompok sosial.
  • Merencanakan kelahiran anak pertama secara bersama.
  • Mengatur jarak kelahiran antaranak.
  • Merawat dan membagi peran mengasuh anak sesuai kebutuhan dasar anak secara fisik maupun mental.

Hubungan antar anggota keluarga (keluarga dekat, atau campuran antara anggota keluarga besar dan dekat) yang nyaman dan aman, baik secara fisik maupun emosi, akan sangat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Oleh sebab itu penting untuk saling memberikan dukungan, rasa hormat, dan perhatian (support system) dalam keluarga SIGAP. Beberapa sikap yang bisa dilakuan antara lain;

1. Berikan Apresiasi

Tunjukkan pada anggota keluarga bahwa Anda peduli dengan mereka. Jika seorang anggota keluarga melakukan sesuatu yang mengesankan, di rumah atau di tempat kerja berikan pujian. Bisa juga berupa sesuatu yang sederhana seperti ucapan terima kasih. Pastikan bahwa Anda tulus. Mengekspresikan penghargaan adalah cara yang bagus untuk memperkuat hubungan keluarga. Anggota keluarga perlu saling memuji secara verbal, merupakan satu cara terbaik untuk membangun hubungan.

2. Waktu Keluarga yang Berkualitas

Ayah dan Bunda bisa membuat jadwal makan keluarga bersama, waktu rekreasi, dan saling mendukung hobi. Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu bersama keluarga Anda. Pastikan bahwa waktu bersama keluarga adalah waktu yang berkualitas, bukan hanya kuantitas waktu. Berikan perhatian penuh kepada anak dan pasangan saat menghabiskan waktu bersama. Coba untuk mengenal anggota keluarga Anda lebih dalam.

3. Komunikasi yang sehat

Terkadang komunikasi bisa menjadi sesuatu hal yang tidak mudah di dalam keluarga. Penting untuk memberi tahu anak-anak dan pasangan betapa Anda mencintai dan mendukung mereka. Semakin baik komunikasi dalam keluarga maka semakin nyaman pula anggota keluarga untuk bercerita tentang berbagai hal (tentang masalah, kekhawatiran, dan juga kemenangan mereka).

Parenting Module (Rumah Anak SIGAP, Tanoto Foundation)

https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/heart/2016/04/5-ways-to-build-a-support-system-among-family-members/

1 comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.