Referensi Buku Bacaan untuk Orang Tua Baru

 
Informasi mengenai panduan menjadi orang tua baru pun bisa didapatkan dengan mudah, salah satunya melalui buku bacaan yang berisikan tips tentang mengasuh anak hingga kesehatan mental orang tua.

Ayah dan Bunda yang baru di karuniai anak pertama pasti sering mencari beragam referensi untuk memperkuat peran baru sebagai orang tua. Informasi mengenai panduan menjadi orang tua baru pun bisa didapatkan dengan mudah, salah satunya melalui buku bacaan yang berisikan tips tentang mengasuh anak hingga kesehatan mental orang tua. Berikut ini referensi buku bacaan untuk Ayah dan Bunda Orang tua baru:

  1. Because This Is My First Parenting Life (Karena Ini Adalah Kehidupan Orang Tua Pertamaku): Mengasuh Anak Tanpa Takut Salah
    Chai’s Play adalah sebuah forum yang terdiri dari ahli di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), membuat buku ini yang ditujukan sebagai panduan untuk para orang tua baru. Buku ini dikemas dengan bahasa yang sederhana dan ilustrasi menggemaskan sehingga terasa ringan dan mudah dipahami.

Buku ini terdiri dari dua seri dan seri pertama ini berisi panduan cara merawat bayi usia 0 sampai 24 bulan, termasuk di dalamnya penjelasan lengkap mengenai ASI dan MPASI. Selain itu juga membahas pentingnya menjaga kesehatan mental ibu, beberapa tips untuk penanganan di situasi darurat ketika anak sakit, anak tantrum (ledakan emosi pada anak) dan mempelajari pola tidur anak. Mempelajari pola tidur anak akan memberikan manfaat yang banyak seperti mengetahui batasan aktifitas, serta mengajarkan mereka disiplin pada waktu dan rutinitas hariannya. Tidur yang cukup tentu akan memberi dampak positif pada kesehatan tubuh, otak dan jiwa anak-anak.

Penting bagi Ayah dan Bunda untuk mempelajari pola tidur si kecil karena dapat meningkatkan perkembangan, meningkatkan suasana hati mereka dan memastikan mereka aktif. Bayi yang memiliki pola tidur tepat biasanya akan lebih mudah konsentrasi dan fokus, memiliki perkembangan yang baik, lebih sehat dan tidak mudah mengalami cedera, hingga menghasilkan gaya hidup yang disiplin.

  1. Because This is My Baby’s First Journey (Karena Ini Perjalanan Pertama Bayi Saya): Tumbuh Kembang dan Permainan Anak Usia 0 – 24 Bulan
    Buku ini merupakan seri kedua dari Chai’s Play Forum. Ayah dan Bunda bias melanjutkannya ke buku ini yang membahas tentang pola asuh untuk anak-anak usia 0 sampai 24 bulan atau dua tahun. Sesuai dengan judulnya, buku tersebut akan memandu Ayah dan Bunda mengenali tahap demi tahap perkembangan si kecil sejak lahir, yang dibahas secara lengkap.

Ada lebih dari 150 tips stimulasi yang cocok dengan usia anak umur 0-24 bulan, dari ide toilet training (pelatihan menggunakan toilet), sensory playing (permainan yang menstimulasi kemampuan sensorik dan motorik anak), dan lain sebagainya.

  1. Seri Mommyclopedia
    dr. Meta Herdiana Hanindita Sp. A(K) meluncurkan seri buku Mommyclopedia dengan cover dan pembahasan yang cocok bagi pasangan yang baru menjadi orang tua. Terdapat lima buku yang mengupas tentang nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan anak, panduan lengkap merawat bayi 0-1 tahun, 567 fakta MPASI (Makanan Pendamping ASI), 78 resep MPASI, hingga panduan lengkap merawat batita.

Mommyclopedia cocok dibaca oleh calon orang tua karena disajikan dengan desain yang penuh warna yang memanjakan mata. Bahasa yang digunakan dalam buku tersebut juga sederhana namun penjelasannya tetap detail, ditambah dengan gambar-gambar yang menarik.

  1. Sehat Lezat: Olah Saji dr. Tiwi – Panduan Asupan Bayi Tahun Pertama
    I Gusti Ayu Nyoman Partiwi atau yang dikenal sebagai dr. Tiwi merilis buku Sehat Lezat: Olah Saji dr. Tiwi – Panduan Asupan Bayi Tahun pada tahun 2016 lalu, yang sampai sekarang masih menjadi salah satu referensi utama untuk para orang tua baru.

Dokter spesialis anak tersebut menjabarkan panduan makanan pendamping ASI (MPASI) dan cara pemberiannya yang tepat saat si kecil berusia enam bulan. Buku ini juga memberikan pandangan kepada Ayah dan Bunda tentang tahapan dan masalah yang sering terjadi kepada si kecil ketika baru mengenal makanan.

  1. Happy Little Soul (Jiwa Kecil yang Bahagia) – Belajar Memahami Anak dengan Penuh Cinta
    Ditulis oleh Retno Hening yang kini tinggal di Muscat, Oman, buku Happy Little Soul menjadi best seller seiring dengan kepopuleran cara pengasuhan anaknya di media sosial. Buku ini dibuat dengan ilustrasi menarik dan bahasa yang sederhana, di mana berisi pengalamannya mengasuh si kecil dengan mengedepankan kebahagiaan anak.

Selamat menikmati proses baru menjadi orang tua, Ayah dan Bunda!

Sumber artikel:
https://www.gramedia.com/blog/buku-parenting-wajib-baca/amp/
https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/metode-pendidikan-montessori/?amp=1
https://www.sehatq.com/review/buku-parenting/amp
https://ebooks.gramedia.com/id/buku/sehat-lezat-olah-saji-dr-tiwi-panduan-asupan-bayi-tahun-pertama
https://indianexpress.com/article/parenting/health-fitness/why-sleep-routine-is-important-for-baby-5903336/#:~:text=of%20the%20child.-,A%20well%2Dslept%20child%20will%20always%20be%20able%20to%20concentrate,be%20distracted%2C%20irritated%20and%20cranky.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.