Yuk Pahami Emosi pada Pasangan dan Anak

 
Agar dapat lebih memahami satu sama lain, Ayah dan Bunda perlu mengetahui adanya berbagai macam emosi dasar dalam hubungan antar anak dan pasangan.

Sebagai manusia, kita pasti memiliki emosi untuk merespon terhadap suatu perasaan dengan menunjukkan ekspresi wajah ataupun tindakan.

Agar dapat lebih memahami satu sama lain, Ayah dan Bunda perlu mengetahui adanya berbagai macam emosi dasar dalam hubungan antar anak dan pasangan.

1. Kasih Sayang

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengungkapkan kasih sayang atau rasa cinta. Menunjukkan rasa kasih sayang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Ada yang menunjukkannya dengan sentuhan fisik seperti saat Si Kecil ingin dipeluk saat sedih, ada juga yang mengutarakannya melalui kata-kata, seperti mengucapkan terima kasih pada Ayah yang telah menjemput sekolah atau memuji masakan Bunda.

2. Rasa Diterima, Rasa Aman, dan Rasa Percaya

Rasa diterima dapat diungkapkan dengan mengikutsertakan pasangan dan Si Kecil pada kegiatan sehari-hari misal membersihkan rumah di hari minggu, melibatkan dalam pengambilan keputusan, dan lain-lain.

Bentuk-bentuk dari rasa aman meliputi, merasa aman secara fisik, yang ditandai dengan tidak menggunakan kekerasan dalam situasi apapun; merasa aman untuk mengutarakan pendapat; saling menghargai pendapat meski terjadi perbedaan; dan merasa aman untuk berbagi perasaan atau rahasia

Seiring rasa aman maka akan tumbuh rasa percaya. Memberi rasa percaya baik kepada pasangan atau Si Kecil dan tidak menyalahgunakan kepercayaan merupakan cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan emosional dasar. Dalam menumbuhkan rasa percaya, empati juga diperlukan agar kita dapat saling memahami kondisi dan keadaan satu sama lain.

3. Menghargai Privasi

Meskipun Ayah, Bunda, dan Si Kecil berada dalam satu lingkup keluarga, tetapi harus tetap menghargai privasi setiap orang. Hindari kebiasaan mengecek gadget pribadi pasangan, dan berilah kebebasan waktu kepada pasangan ataupun Si Kecil untuk menghabiskan waktu seorang diri.

4. Apresiasi

Apresiasi dalam keluarga nampak dari perilaku sama-sama menghargai dan bersyukur akan kehadiran satu sama lain. Pemberian apresiasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu memberi pujian, menyampaikan kritik dengan cara yang baik dan tidak menggunakan kata kasar, memberi hadiah pada hari-hari spesial, serta hal sederhana seperti mengucapkan terima kasih. Apabila Ayah Bunda melakukan hal ini, pasangan dan Si Kecil akan merasa disayang dan dihargai.

Sumber:
https://www.alodokter.com/mengenal-7-kebutuhan-emosional-dasar-dalam-hubungan
https://www.edutorial.id/validasi-emosi-adalah/
https://kumparan.com/ghina-raudhatul-jannah-1638621852212302781/belajar-mengelola-emosi-dengan-mengenal-lebih-dalam-validasi-emosi-1x2u8gNgxkV/full

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.